MENJADI SEORANG TELEMARKETING
di ERA PASAR ONLINE
“Jadikan setiap kata kata yang keluar dari mulutmu sebuah doa kebaikan”
“… Engkau mampu meluluhlantakkan dunia ini hanya dengan kata kata “
Kali ini penulis ingin berbagi beberpa Tips & Trik untuk menjadi seorang Telemarketer yang Jenius.TELEMARKETING
Pasti semua sudah tahu dong pengertian tentang Telemarketing..
Gampangnya cara meng artikannya ya cukup kita cari aja arti dari masing-masing kata; Tele berarti Jauh/kejauhan, dan Marketing berarti; Menjual / Jualan, so, arti simpelnya; berjualan jarak jauh, atau ada yang mengartikan, berjualan tanpa tatap muka langsung..
Lha terus jualannya sama siapa ? Heheheh..
Bagaimana mungkin orang percaya klo kita gak tatap muka secara langsung.
Bagaiman cara jualannya..??
Ada lagi yang mau ditanyakan?? Pernah membeli barang secara Online ? Apa kita bertemu langsung dengan penjualnya? Kok ya percaya, malah ikutan jadi resellernya..
Gambaran singkatnya seperti percakapan diatas ya kawan marketer..
Berjualan tanpa tatap muka, tanpa melihat produknya, tanpa display produk, tapi kita bisa tahu apakah seseorang tersebut tertarik dengan barang jualan kita, lalu bagaimana membangun kepercayaan terhadap pembeli, ketemu aja kagak, yang ketemu langsung aja kadang tidak laku2 ya..hehehe
Itulah kehebatannya jika kita juga memiliki keahlian seorang Telemarketer, hanya bermodal suara dan kata.
Semua orang di dunia ini rata2 bisa berbicara, bahkan sangat ahli malahan jika tidak ketemu langsung, benar gak kawan Marketer?? Malahan tetangga saya sendiri pernah yang ada hamper menyetor keorang yang tidaak dikenal sebelumnya tapi hanya bercakap cakap lewat telephone saja, hebat ya..
Kita seperti terhipnotis dengan kata-kata dan suara yang terdengar familiar ditelinga, padahal kenal aja tidak.
Bayangkan jika kawan Marketetr memiliki keahlian yang seperti itu..Cuzz Cuzz….DEAL..DEAL…
Namun, apakah semudah seperti cerita diatas?
Well, seperti kata Seoranng legenda bela diri, Bruce Lee “ Aku Tidak Takut Menghadapi Seseorang yang Berlatih Ratusan Teknik/jurus Pukulan, yang Aku Takutkan Adalah Seseorang yang Ribuan Kali Melatih 1 Teknik/Jurus Memukul “
Action and action and action adalah kuci utamanya
Sebelum kita masuk ke area teknik dan strategi ada beberapa hal perlu diperhatikan yang sangat menentukan tingkat keberhasilan kita dalam menerapkan ilmu / jurus selaku seorang telemarketer :
► ATTITUDE, meliputi ;
v Cara Berbusana ; Kenakanlah busana / pakaian yang bersih, rapih,dan tentunya nyaman serta sopan, hal tersebut sngat erat kaitannya dengan suasana hati, bahkan kita disarnkan untuk mengetahui pakain seprti apa yang memnag paling cocok dikenakan oleh postur kita, sesekali warna pakaian juga penting, karena jika suasana hati kita selalu terjaga, maka rasa percaya diri juga akan senantiasa dalam kondisi on fire, so..hasilnya pun bisa excellent.
v Cara Bertutur Kata / Berbicara ;Persiapan sangat diperlukan, Duduk pada psosisi tegap, namun tidak kaku, cobalah rilex dengan cara senam kursi, latih sesekali sebelumnya tentyang artikulasi kata dan coba berlatih suara “dada/speakerbox”
v Sikap Mental Diri ; Ingat , sekarang posisi kita adalah ditempat kerja, bukan dirumah atau ditempat lain, usahakan menyingkirkan atau memberi ruang baru untuk konsentrasi terhadap pekerjaan. Berusahalah selalu berfikir positif dan dinamis, tujuannya agar kita terlatih untuk tetap tenang jika suatu saat action terjadi hal yang tidak diinginkan semisal terjadi penolakan.
v Berlatih Mimik Wajah;
Latihlah senyum anda sebelum memulai,letakkan sebuah kaca kecil di meja kerja sangat disarankan. Percaya atau tidak, mimic muka kita sangat mempengaruhi terhadap intonasi suara kita, itulah kenapa meski tidak bertatap muka sekalipun, seorang Telemarketer handal akan bisa mnegtahui apakh calon konsumen tsb. Tertarik, kurang paham, atau lainnya.kita akah bahas detilnya tentang hak ini di bagian selanjutnya
Setelah seorang Telemarketer memilki attitude yang baik dan Full Power, masih ada beberapa hal yang juga perlu dipersiapkan ;
Ø PENDALAMAN MATERI; meliputi ;
§ Pahami Detil Produk ; Pelajari dan pahami secara berulang tentang seluk beluk produk, baik keunggulan ataupun kekurangan produk kita, sehingga kita tahu kapan kita menjelaskan point-point tertentu kepada costumer kita.
§ Kenali Profil Calon Customer ; Hal ini sangat menetukan banyak hal, mualai dari pilihan kata yang akan kita pakai, jangan sampai kita menggunakan pilihan kata yang tidak pas , missal pemakaian panggilan / sapaan awal. Bawalah catatan kecil jika memang diperlukan untuk mengidentifikasi atau mengkelompokkan calon costumer, sehingga kita lebih mudah dalam bekerja.
§ Lengkapi Data Produk Pesaing; Ini diprlukan jika kita ketemu dengan costumer yang memiliki karakter data, biasanya jenis type ini akan membandingkan, namn jika kita menguasai juga tentang produk pesaing kita, akan lebih jelas dan gambling memberikan pilihan, tanpa mengecilkan produk pesaing.
Untuk bahasan selanjutnya tentang Bagaimana Seorang Telemarketing dikatakan Berhasil ,akan Penulis share pada bagian selanjutnya.TELEMARKETING
Salam sukses dan jangan lupa Action, Action, Action…!
No comments:
Post a Comment