Sunday, February 4, 2018

Alasan Kenapa “Marketing Asuransi “ Tidak Mudah Terkalahkan !

Alasan Kenapa “Marketing Asuransi “ Tidak Mudah Terkalahkan !

        

  Kita semua pasti pernah mengalami  meskipun sekali dalam seumur hidup menerima panggilan dari seseorang yang belum kita kenal sebelumnya untuk menawarkan sebuah produk / program, atau bahkan pernah dikunjungi seseorang  dengan penampilan yang menarik, wangi, dan berbicara dengan gaya bahasa yang halus, tertata nan membuai, namun ujung -ujungnya adalah menawarkan sebuah fasilitas kesehatan atau perlindungan jiwa yang sering dikenal dengan istilah Asuransi. Dan seseorang yang dimaksud adalah Agen Asuransi / Marketing Asuransi.Asuransi

            Yang terkadang menjadi persoalan disini adalah, kenapa kita tidak mampu secara langsung menolak tawaran tersebut? . Bahkan terkadang kita merasa seperti terhipnotis dengan pembicaraan mereka baik secara langsung maupun tidak langsung (via telepon) .

          Kenapa Marketing Asuransi selalu bisa menemukan jawaban dalam setiap sanggahan  & alasan kita ?

Apakah mereka memiliki Six Sense ?
Jangan salah sangka terlebih dahulu, seorang Marketing yang handal tidak harus memiliki seperti hal diatas, marketing yang sukses tidak serta merta terlahir begitu saja, hanya mereka yang mampu melampaui berbagai rintangan dalam setiap tantangan pekerjaannya lah yang bisa menjadi seperti itu.

Salah satu tugas seorang marketing memang sebagai pemberi solusi , mereka haruslah menjadi seorang pendengar yang baik agar mampu menangkap setiap peluang penjualan.
Jadi sekuat apapun kita menolak, mereka pasti selalu mendapatkan solusinya. Ada sebuah pedoman yang lazim dipakai di dunia marketing, “kita akan masuk lewat pintunya (konsumen), dan keluar lewat pintu kita (marketing) “.

Selain karena jam terbang yang super tinggi, mereka juga senantiasa ber-investasi dari “ leher ke atas”, yaitu pengetahuan, dan hal tersebut bisa kita peroleh salah satunya dari rajin membaca, entah itu buku maupun artikel dari mana saja.

Sebenarnya ada beberapa buku yang direkomendasikan agar kita bisa memiliki kemampuan berfikir seperti seorang marketing yang jago, antara lain adalah buku yang berjudul; Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain karya Dale Carnegie, atau bisa juga buku yang berjudul; Berpikir Dan Berjiwa Besar karya Dr. D. J. Schwartz, serta masih banyak buku lainnya yang bisa menjadi referensi untuk bekal kita agar bisa berhadapan secara baik dengan seorang marketing.

Sehingga nantinya kita bisa menentukan pilihan apakah cara penawarannya benar atau tidak, juga bermanfaat bagi kita saat memberi sanggahan yang baik sehingga tidak berkesan menolak atau tidak menyukai produk yang ditawarkan.

Sanggahan dan Jawaban

          Seperti yang telah dijelaskan diatas tentang keahlian seorang marketing asuransi yang telah terlatih dalam memberi berbagai solusi dalam setiap sanggahan/penolakan. Dalam kamus besar dunia marketing, seorang marketing tidak diperkenankan memakai kata “Tidak”, namun diharuskan menggunakan kata 3B (Baik, Bisa, Boleh).

Disini akan kita beri contoh sebuah sanggahan sekaligus jawabannya.

Contoh 1
Sanggahan/Alasan : kami tidak membutuhkan asuransi, karena kami percaya dan yakin sepenuhnya, bahwa urusan hidup, mati & rezeki adalah urusan Tuhan.
Solusi; Seorang marketing yang cerdas pasti akan membenarkan setiap alasan penolakan dari konsumen.

Solusi; Baik bpk/ibu, benar sekali pendapat bpk/ibu.
(dilanjutkan dengan pertanyaan terbuka dan tertutup)
Sebagai wacana saja ,apakah bpk/ibu selalu meletakkan kendaraan atau barang berharga lainnya (uang,perhiasan dll.) ke dalam rumah atau tempat khusus tertentu?.
Pasti jawabanya “ Iya”, dilanjutkan pertanyaan yang sudah diketahui jawabannya.
Kenapa bpk./ibu memerlukan tempat tertentu untuk barang- barang berharga tersebut?.

Jawabannya sudah bisa dipastikan “untuk menjaga/melindungi dari hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kerusakan”.
Solusi; bukankah bpk./ibu tadi berkata, bahwa sudah yakin dan percaya kalau semua hal sudah ada yang mengatur, lalu kenapa ada kekhawatiran/ketakutan terhadap kondisi tersebut.

(masuk lewat pintu mereka, keluar lewat pintu kita)
Solusi; Seperti itulah gambaran dari produk perlindungan yang kita tawarkan, kami berusaha membantu menghilangkan kekhawatiran/ ketakutan tersebut.


Namun pada hakekatnya setiap hal ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah baik dan berguna jikalau disampaikan secara tepat sasaran seperti yang dikemukakan diatas, dan sikap kita sebagai seorang klien jika mendapat sebuah program asuransi seharusnya adalah menerima informasi tersebut secara sempurna terlebih dahulu dan jangan terburu buru menolaknya, karena mungkin sekarang kita merasa tidak membutuhkan, tapi siapa sangka kedepan kita malah mencarinya, hal ini seperti pengalaman saya pribadi, disaat tawaran sebuah program asuransi datang kami terlalu enggan menerima secara komplit informasi tersebut, walhasil kami sendiri yang kebungungan mencari cari disaat membutuhkan.
Tapi pengalaman itulah yang akhirnya mendasari untuk menulis seperti sekarang ini.Hal ini terjadi disaat kami putus asa mencari perusahaan asuransi yang menurut kami cocok/pas dengan budget kami, keajaiaban dating. Agen asuransi yang kami cari tersebut menghubungi kami kembali, dan sudah barang tentu kata “iya/silakan” yang menjadi jawaban kami.
Namun inti dari cerita tersebut adalah saat kami menanyakan, “bagaimana Ia (agen asuransi) bisa menemukan kami kembali? “. Ternyata mereka masih menyimpan database setiap klien yang pernah dikunjungi sebelumnya, ini yang disebut “data klien/data prospekan”.Karena bagi merka yang bergelut di dunia marketing Penolakan hari ini belum tentu selamanya ,justru sebaliknya, mereka menjadikan hal tersebut sebagai sebuah bahan evaluasi, sehingga setiap marketing asuransi senantiasa belajar hal baru dan selalu up to date.
So,..mereka (marketing asuransi) senantiasa siap untuk menghadapi setiap penolakan demi penolakan, juga selalu siap amunisi solusi bagi setiap sanggahan dari kliennya.

Itulah kenapa Marketing Asuransi Tak Terkalahakan.

Seperti itulah sebuah gambaran keahlian yang terlatih dan dikemas secara sempurna dalam program pelatihan untuk menjadi seorang Marketing Asuransi yang sukses, sehingga membuat mereka tidak mudah dikalahkan.Asuransi


No comments:

Post a Comment